Lonjakan Pelintas di PLBN Entikong Meningkat Jelang Idulfitri, Imigrasi Janji Pelayanan Ramah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Imigrasi Kelas II Entikong, melakukan antisipasi lonjakan pelintas internasional di Pos Lintas Batas Negara atau PLBN Entikong.

Lonjakan pelintas diprediksi bakal terjadi jelang Idulfitri. Antisipasi yang dilakukan Imigrasi dengan menekankan petugasnya untuk memberi pelayanan yang ramah dan sopan kepada setiap pelintas.

Kasi Tikim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong, Sigit Adikya Putra mengatakan, jelang lebaran, pelintas Internasional baik WNI maupun WNA dipastikan meningkat melalui PLBN Entikong. Sebab, mereka hendak mudik dan mengunjungi keluarganya untuk merayakan Idulfitri bersama.

"Dari data perlintasan selama dari sejak 1 Januari 2023 hingga 20 Maret 2023 saja, terlihat peningkatan yang cukup signifikan dari WNI maupun WNA masuk melalui TPI PLBN Entikong. Angka ini diprediksi akan terus meningkat," kata Sigit Adikya Putra, Minggu (26/3/2023).

Menurutnya, data saat ini saja tercatat, ada  51.052 pelintas dari Malaysia yang masuk dari PLBN Entikong sejak 1 Januari 2023 hingga 20 Maret 2023. Sedang untuk WNA yang masuk ke Malaysia lewat PLBN Entikong selama tiga bulan belakangan sejumlah 5.721 orang.  Jumlah ini meningkat jauh dibanding pada periode yang sama pada tahun lalu yang hanya  6.436 WNI.

Peningkatan jumlah WNI dan WNA yang masuk kata dia, juga dipengaruhi oleh kebijakan sejumlah negara yang telah memberikan kemudahan keluar masuk bagi pelaku perjalanan Internasional.

Imigrasi pun memastikan, siap untuk menghadapi lonjakan perlintasan di Bulan Ramadhan hingga Idulfitri nanti. Salah satunya dengan menekankan pemahaman akan Standard Operating Procedure (SOP) dari regulasi yang ada.

Sigit berpesan seluruh petugas di TPI PLBN Entikong untuk melayani pelaku perjalanan dengan baik, agar memberikan kenyamanan bagi para pemudik dan wisatawan. "Sikap yang sopan, gesture tubuh yang ramah, namun tetap tegas dalam menjalankan prosedur," pungkasnya. (Andi)


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar