Resep Kue Kering Favorit Sepanjang Masa: Nastar Tetap Menjadi Idola!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi
PONTIANAK, insidepontianak.com – Lebaran semakin dekat dan kamu bingung mau bikin kue kering seperti apa? Jangan khawatir, mimin akan menginformasikan resep kue kering yang menjadi favorit sepanjang masa. Apa nih kuenya? Simak ulasannya yang akan mimin bagikan dibawah ini. Pastikan kamu sudah melengkapi bahan-bahan untuk membuat  kue kering yang menjadi favorit orang Indonesia. Di Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kue kering. Kue kering biasanya disajikan di rumah pada acara-acara tertentu seperti pada saat Lebaran, Natal atau Tahun Baru Imlek. Kue kering sendiri memiliki banyak varian, ada kue yang tradisional dan modern. Banyak yang memilih kue kering dari pada kue basah karena kue kering lebih tahan lama. So, langsung saja mimin akan bagikan resep kue kering yang selalu dicari-cari dan pasti ada disetiap rumah warga Indonesia. Apa itu? Berikut  Resep Kue Kering Nastar Keju Selai Nanas yang menjadi favorit orang Indonesia, lengkap dengan bahan dan cara membuatnya.
  1. Bahan Adonan Nastar:
300 gr tepung terigu 90 gr gula halus 4 butir kuning telur 150 gr mentega 50 gr tepung maizena 100 gr margarin 50 gr susu bubuk 50 gr keju parut 1 sdm susu cair 2 sdm madu
  1. Bahan Selai Nanas:
Nanas segar 4 buah, kupas kulitnya, cuci bersih, dan buang bagian tengahnya. 200 gr gula pasir 1 batang kayu manis 1 sdt garam
  1. Cara Membuat Selai Nanas:
  2. Potong-potong buah nanas, kemudian blender hingga halus.
  3. Siapkan wajan dengan api kecil. Lalu masukan nanas yang sudah di blender ke dalam wajan, begitu juga dengan air nanas jika ada.
  4. Aduk terus nanas yang sedang di masak hingga airnya menguap.
  5. Masukan gula pasir, garam, dan kayu manis. Aduk hingga rata dan nanas sudah mengental. lalu angkat dan dinginkan.
 
  1. Cara Membuat Nastar:
 
  1. Masukan mentega, margarin, dan gula halus ke dalam wadah. Lalu kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah. Kocok selama 2 menit,  lalu masukan 2 butir kuning telur satu per satu dan kocok hingga rata.
  2. Masukan tepung maizena, tepung terigu, dan susu bubuk di wadah lain. Campur hingga merata.
  3. Tuang sedikit demi sedikit tepung yang sudah dicampur ke dalam adonan pertama. Kocok dengan spatula hingga rata.
  4. Tuang keju parut, aduk hingga rata. Setelah adonan jadi bentuk adonan dengan bentuk bulatan.
  5. Pipihkan sedikit lalu isi dengan selai nanas, lalu bentuk bulat lagi.
  6. Oleskan loyang dengan mentega, lalu taruh nastar yang sudah dibentuk di atas loyang. Lalu masukan kedalam oven dengan suhu 152 derajat celcius selama 15 menit.
  7. Selagi menunggu nastar yang sedang di panggang, campurkan susu cair, madu dan 2 butir kuning telur dalam wadah hingga merata.
  8. Setelah 15 menit keluarkan nastar dari dalam oven, oleskan bagian atas nastar dengan bahan olesan yang sudah dibuat, lalu taburkan parutan keju di atasnya.
  9. Masukan kembali nastar ke dalam oven lalu panggang hingga matang lalu dinginkan.
Nah, itulah bahan dan cara-cara untuk membuat kue kering Nastar dengan mudah dan cepat. Selamat Mencoba!!

Leave a comment