Unisma dan US Malaysia Kerja Sama Program Double Degree

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MALANG, insidepontianak.com - Unisma atau Universitas Islam Malang, jalin kerja sama dengan University Sains Malaysia atau USM dalam program double degree.

Rektor Unisma, Prof Maskuri mengatakan, mahasiswa yang menempuh program ini nantinya akan meraih dua gelar akademis secara sekaligus, di dalam satu periode studi yang ditempuh.

Baca Juga: Sertifikasi Internasional Microsoft Gratis untuk Mahasiswa UNISMA

Kerja sama program ini pun ditandai dengan penandatanganan MoU oleh kedua pihak universitas.

Untuk diketahui, UMS atau University Sains Malaysia cukup terkemuka. Tercatat sudah empat kali menerima penghargaan sebagai World Ranking Times Higher Education University Global.

USM sendiri memiliki tiga kampus utama di Pulau Pinang, termasuk kampus utama di Minden, Kampus Kejuruteraan di Nibong Tebal, dan Kampus Kesihatan di Kubang Kerian, Kota Bharu, Kelantan.

USM menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana di berbagai disiplin ilmu, termasuk sains, teknologi, kedokteran, dan humaniora.

Baca Juga: Unisma Perkuat World Clas University Mission bersama Korea University di Seoul

USM juga dikenal karena penelitian yang dilakukan di berbagai bidang, termasuk ilmu kesehatan, sains sosial, green technology, dan teknologi informasi.

Prof Maskuri pun menegaskan, kerja sama dalam program double degree bersama USM akan segera ditindaklanjuti.

Program kerja sama ini akan diikuti mahasiswa program Pascasarjana Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas MIPA, Fakultas Agama Islam, serta fakultas lain yang relevan.

Ia meyakini, kerja sama internasional ini dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan mahasiswa untuk memiliki daya saing internasional.

Adapun penandatanganan MoU kerja sama ini turut diikuti sejumlah pembantu rektor kedua belah pihak. Kerja sama internasional ini merupakan yang kesekian kalinya.

Sebelumnya, perguruan tinggi NU ini juga telah menjalin kerja sama dengan Korea University. Tujuannya untuk mendukung program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Program merupakan program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dengan begitu cita-cita World Clas University bisa diwujudkan dengan cepat dan berkualitas. (Fauzi)***

Leave a comment