Kue Lapis Belacan Sambas, Menu Wajib Menjamu Tamu: Berbahan Cokelat, Bukan Terasi untuk Sambal

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Belacan atau terasi adalah bahan makanan yang pas untuk sambal. Namun di Sambas, ada kue lapis belacan yang seperti menu wajib untuk menjamu tamu. Kok bisa?

Tenang, ini sekadar nama. Jadi jangan bayangkan kue lapis itu dibuat memakai belacan. Makanan ini malah berasa manis karena berbahan cokelat.

Ya, cokelat dalam arti warna inilah yang menjadi asal nama kue lapis belacan. Nyatanya, kue lapis ini demikian hits di Sambas dan daerah lainnya.

Adalah sebuah tradisi bagi masyarakat Melayu Sambas untuk menjamu tamu pada hari-hari besar Islam dengan suguhan kue lapis. Itulah sebab, banyak varian kue lapis di Sambas sebut saja kacang, nenas, susu, dan sebagainya.

Bahkan, dipercayai kue lapis sudah menjadi menu wajib sejak zaman Kesultanan Sambas. Pada zaman itu, aneka kue lapis hanya dihidangkan pihak keluarga kerajaan kepada para tamu kehormatan.

Kini masyarakat Sambas melanjutkan tradisi tersebut untuk menghormati para tamu mereka. Khususnya yang bersilaturahmi ke rumah-rumah pada Lebaran, baik Idul Fitri maupun Idul Adha, bahkan I Muharam.

Melansir budaya-indonesia.org, Minggu (20/8/2023), nama belacan diambil karena tampilan kue dan warnanya yang mirip dengan belacan atau terasi.

Kue lapis belacan sebenarnya merupakan sebuah kue cokelat. Kue lapis ini memiliki tekstur yang agak padat namun kenyal dan lembut.

Kue lapis belacan akan tahan selama kurang lebih 1 minggu jika penempatannya benar, yakni di ruangan yang kering dan tidak terkena langsung oleh sinar matahari.

Bahkan, kue ini akan tahan mencapai 1 bulan jika Anda taruh di kulkas setelah dimakan pertama kali. Nah, berikut cara dan resep membuat kue lapis belacan Sambas:

Bahan

-15 butir telur
-250 gram gula pasir
-250 gram mentega
-50 gram cokelat bubuk
-1 kaleng susu kental manis

Langkah-langkah

  • Kocok gula serta telur hingga lembut serta mengembang.
  • Terus kocok telur dan gula sambil memasukkan cokelat bubuk sedikit demi sedikit, lalu lanjutkan hingga semua cokelat bubuk sudah dimasukkan dan tercampur dengan rata.
  • Kocok mentega dalam wadah yang berbeda dengan adonan telur, gula dan cokelat bubuk tadi. Kocok mentega hingga warnanya menjadi putih.
  • Masukkan 1 kaleng susu kental manis ke dalam adonan mentega Anda yang sudah dikocok. Masukkan susu kental manis perlahan sambil terus dikocok.
  • Setelah adonan mentega dan susu kental manis putih teraduk rata, masukkan adonan mentega tersebut pada adonan telur, gula dan cokelat bubuk. Aduk lagi hingga adonan rata.
  • Panggang adonan.
  • Setelah adonan matang, angkat dan berikan hiasan, lalu sajikan!

Catatan

  • Kue lapis belacan adalah adonan yang bertumpuk-tumpuk atau seperti dianyam, sehingga cara memangganggnya pun harus per satu lapis, bukan sekaligus.
  • Kunci keberhasilan dalam membuat kue lapis belacan adalah ketepatan suhu oven serta lama memanggang.

Cara Memanggang

  • Masukkan lapisan pertama dan panggang hingga matang dengan suhu oven sekitar 220 derajat celcius selama 10 menit.
  • Lakukan hal yang sama dengan suhu oven serta durasi memanggang yang sama pada lapisan-lapisan berikutnya.
  • Buatlah adonan menjadi sebanyak 6 lapis. Artinya, Anda akan memanggang sebanyak 5 kali, karena lapisan terakhir akan membutuhkan perlakuan yang berbeda.
  • Ketika sudah sampai pada lapisan terakhir, panggang dengan suhu oven 180 derajat celcius dengan durasi 25 menit.

Demikian informasi soal kue lapis belacan Sambas. Kue ini sangat dikenal di Kaliamntan Barat secara umum. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment