Situs Tak Dapat Diakses? Tenang, Berikut 10 Daftar Aplikasi Penguras Baterai Ponsel dan Cara Menanganinya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Pembahasan kali ini akan membahas 10 daftar aplikasi penguras baterai ponsel, serta dilengkapi dengan cara menanganinya dengan benar.

Dalam satuan 10 daftar aplikasi penguras baterai ini, mungkin kamu bakal menemukan platform tersebut di ponselmu. Sehingga, hal tersebut dapat membuat konsumsi dayanya cepat habis.

Selain mengetahui 10 daftar aplikasi penguras baterai ini, kamu juga bakal diberikan langkah penangan yang tepat. Dengan begitu, ponsel dan dayanya akan lebih hemat dan tahan lama.

Pada beberapa ponsel terkini, baik Android dan iOS, produk ponsel mereka sebenarnya sudah dilengkapi dengan fitur bernama 'Penghemat Daya'.

Namun, fitur yang berfungsi agar konsumsi tidak cepat habis itu bisa saja tidak berjalan sempurna. Sebab, banyaknya aplikasi tertentu yang dapat menguras daya lebih boros.

Bila biasanya daya ponsel kekinian mampu bertahan 12 jam, berkat kapasitas dan fitur penghemat daya. Namun, dengan kehadiran beberapa aplikasi penguras daya daya tahannya bisa saja mencapai 6 jam saja.

Parahnya, bila tidak segera ditangani. Baterai ponsel bisa saja mengalami kebocoran, bahkan pada beberapa kasus dapat mengganggu kinerja smartphone.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menyedot daya lebih boros. Berikut daftar lengkap yang berhasil dihimpun oleh tim Insidepontianak.

10 Daftar Aplikasi Boros Baterai.

Mengutip dari hasil riset yang dilakukan oleh pCloud, Jumat (29/9), terdapat 10 aplikasi yang kerap menyerap daya lebih dan mengakibatkan ketahanan baterai cepat habis.

Dari hasil penelitian tersebut, mereka berhasil mendapat tiga faktor utama yang mengakibatkan baterai boros dari beberapa aplikasi.

Ketiga faktor tersebut lantaran aplikasi meminta akses izin HP. Di antaranya adalah izin akses lokasi, izin akses kamera, dan izin konsumsi baterai.

Untuk mengetahui 10 daftar aplikasi penguras daya baterai ponsel, berikut listnya:

  1. Facebook.
  2. Bumble.
  3. Zoom.
  4. Fitbit.
  5. Skype.
  6. Snapchat.
  7. Instagram.
  8. YouTube.
  9. WhatsApp.
  10. Telegram.

Pada kesempatan yang lain, dengan tiga faktor yang sama. pCloud juga menyebut bahwa aplikasi LinkedIn, Bigo, Uber, dan Likked juga termasuk dalam daftar penguras baterai ponsel.

Cara Menanggulanginya.

Bagi sebagian pengguna smartphone, beberapa di antara daftar di atas merupakan aplikasi penting. Sehingga, bila dihapus dari ponsel akan berpengaruh kepada terganggunya aktivitas sehari-hari.

Lantas, bagaimana agar beberapa aplikasi di atas yang dirasa penting tidak dapat menguras daya lagi? Simak uraiannya di bawah ini:

  1. Buka pengaturan ponsel di Android atau iOS.
  2. Klik opsi 'Baterai'.
  3. Akses ke menu 'Pengaturan Lanjutan'.
  4. Klik pilihan 'Optimalkan Penggunaan Baterai'.
  5. Pilih salah satu aplikasi yang menyedot daya baterai lebih banyak.
  6. Tap 'Jangan Optimalkan'.

Selain cara di atas, sebaiknya pengguna juga mengalihkan ponsel ke mode 'Saving Mode'. Sehingga daya baterai lebih awet lagi dibandingkan dengan trik di atas.

Demikianlah uraian mengenai 10 daftar aplikasi penguras baterai, yang dilengkapi dengan cara menanggulanginya. Semoga bermanfaat! (Dzikrullah) ***

Leave a comment