Menikmati Wisata Alam Loksado, Hulu Sungai Selatan: Ini Pilihannya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Loksado adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Wilayah ini memiliki alam yang indah karena itu banyak destinasi wisata yang patut dinikmati, termasuk aktivitas menantang.

Kelebihan Loksado berada di kawasan Geopark Pengunungan Meratus, artinya kecamatan di Hulu Sungai Selatan ini berada di dataran tinggi. Karana itu, objek wisata yang ada didominasi keindahan alam.

Aktivitas wisata yang menantang di Loksado Hulu Sungai Selatan, salah satunya dan sudah sangat terkenal, adalah arung jeram menggunakan bambu, membelah keindahan alam di Sungai Amandit.

Nah, berikut beberapa aktivitas dan destinasi wisata alam yang bisa jadi pilihan di Loksadon Hulu Sungai Selatan, seperti dilansir indonesia.travel, Rabu (4/10/2023):

  1. Bukit Langara
    Wisata seru pertama yang direkomendasikan adalah mendaki ke Bukit Langara. Hanya dengan waktu pendakian rata-rata 45 menit, Anda bisa menikmati megahnya pemandangan alam Loksado dan sekitarnya.

Bukit yang mayoritas terdiri dari batuan karst ini akan memberikan pendaki pengalaman yang cukup menantang adrenalin. Meskipun waktu pendakian termasuk singkat, Anda harus mempersiapkan peralatan mendaki yang cukup.

Salah satu yang wajib digunakan adalah sepatu khusus mendaki. Tentu saja performa fisik dan tim pendakian yang solid adalah faktor penting lain. Ketika sampai di puncaknya, dijamin mata akan dimanjakan dengan pemandangan Pegunungan Meratus yang membentang.

  1. Batu Baduduk
    Tak cukup satu lokasi, Loksado juga memiliki bukit lain yang tak kalah menarik, yaitu Batu Baduduk. Bedanya adalah Anda bisa menikmati kudapan ringan di atas bukit sambil memuaskan mata memandang bentangan alam dari dataran tinggi.

Sesuai dengan namanya, Anda bisa menaiki batu yang besarnya bisa menampung maksimal 10 orang yang duduk. Selain itu, jalur pendakian ke Batu Baduduk juga cukup panjang, yaitu totalnya bisa mencapai 2 jam perjalanan.

Tenang saja, 1 jam perjalanan akan kamu lalui dengan medan landai yang ringan. Karena 1 jam berikutnya cukup ekstrem, persiapan fisik menjadi tuntutan utama. Semua itu terbayarkan ketika kamu sampai di atas, apalagi saat matahari terbit tiba.

  1. Sungai Amandit
    Wisata seru berikutnya akan membawa Anda ke dataran rendah, tempat di mana air sungai mengalir deras. Aktivitas ini memiliki istilah lokal “balanting paring” yang memiliki arti arung jeram menggunakan rakit dari bambu.

Kalimantan memang sudah terkenal dengan sungai sebagai jalur transportasi sejak dulu kala, sehingga kegiatan ini adalah budaya penduduk setempat. Sekarang arung jeram ini menjadi olahraga tradisional sekaligus daya tarik utama dari Kalimantan, khususnya Loksado.

Jadi, jangan sampai Anda pulang dari Loksado tanpa mencoba atraksi yang satu ini. Selama menyusuri Sungai Amandit, Anda dapat menikmati alam asli Loksado lebih dekat.

  1. Air Terjun Haratai dan Kilat Api
    Wisata air tawar berikutnya dari Loksado adalah air terjun. Terdapat beberapa air terjun di sana, namun yang sering direkomendasikan adalah Air Terjun Haratai dan Air Terjun Kilat Api.

Keduanya sama-sama memberikan suasana liburan yang menenangkan sekaligus mengasyikkan. Untuk Haratai, Anda perlu melakukan perjalanan menyusuri hutan terlebih dahulu karena letaknya di tengah Pegunungan Meratus.

Hampir sama dengan Haratai, Kilat Api juga akan membuat kamu melakukan petualangan asyik. Bahkan lebih menantang karena Anda akan dituntut mencermati petunjuk jalan yang masih dalam proses pengembangan.

Untuk karakteristiknya sendiri, Haratai merupakan air terjun dengan ketinggian mencapai 20 meter dengan aliran air deras langsung ke bawah. Sedangkan Kilat Api lebih landai dan aliran airnya berliku-liku. Sehingga Kilat Api memiliki arus air yang lebih tenang.

  1. Air Panas Tanuhi
    Tidak hanya air tawar dinginnya yang menarik, Loksado juga menawarkan wisata pemandian kolam air panas. Tepatnya di Kolam Air Panas Tanuhi, kurang lebih 160 km dari Banjarmasin.

Anda dapat memilih kolam yang disediakan dengan ukuran berbeda. Bayangkan suasana dingin Pegunungan Meratus menjadikan momen berendam di kolam air panas adalah pilihan tepat.

Sistem panas bumi yang berkembang adalah sistem panas bumi nonvolkanik radiogenik, di mana panas yang dihasilkan dari proses peluruhan radioaktif pada batuan granit dari kelompok Granit Batanglai/Belawayan.

Demikian lima pilihan wisata alam yang ada di Loksado, Hulu Sungai Selatan. Semoga berrmanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment