Strategis Untuk Berdiskusi, Pj Gubernur Kalbar Bertukar Pikiran dengan Cendikiawan

31 Agustus 2024 16:59 WIB
Pj Gubernur Kalbar Harisson

PONTIANAK, insidepontianak.com - Sebagai momentum yang strategis untuk bertukar pikiran antar para cendekiawan muslim di Kalbar.

Hal itu disampaikan Pj Gubernur Kalbar Harisson saat memberikan sambutan pada acara Musyawarah Wilayah ke- 5 Ikatan Cendekiawan Muslim se- Indonesia Organisasi Wilayah Kalbar di gedung Konferensi Universitas Tanjungpura Pontianak.

Dirinya merasa terhormat dapat bertatap muka dengan para cendekiawan Muslim di wilayah Kalimantan Barat. 

Iapun menyambut baik pelaksanaan Musyawarah Wilayah ini sebagai momentum yang sangat strategis untuk berdiskusi, bertukar pikiran.

"Dan merumuskan langkah-langkah strategis dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang di masa depan," ujarnya.

Lanjutnya, Pj Gubernur Kalbar Harisson menerangkan bahwa Kalimantan Barat adalah wilayah yang majemuk dan kaya akan keanekaragaman budaya, sosial, dan ekonomi. 

Dalam konteks ini, peran ICMI sebagai Organisasi Cendekiawan Muslim sangatlah strategis. 

Menurutnya, ICMI memiliki potensi besar untuk menjadi garda terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, mendukung pembangunan berkelanjutan, serta memperkuat kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

Pada dasarnya ICMI di Kalimantan Barat ini merupakan wadah untuk Cendekiawan Muslim dalam berkontribusi ide, gagasan, serta aksi nyata.

Di mana hal ini berperan untuk meningkatkan wawasan global bagi umat Islam pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Cendikiawan Muslim bisa berperan dengan bijak dalam merespon situasi sosial, ekonomi dan politik di tingkat lokal maupun global. 

"ICMI Kalimantan Barat dapat bersinergi dengan pemerintah sebagai pendorong perubahan ke arah yang lebih baik untuk mewujudkan masyarakat makmur dan sejahtera," imbuhnya.

Selain itu dirinya juga menyinggung terkait peningkatan kualitas hidup masyarakat desa khususnya, dari segi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa. 

Hal tersebut dalam rangka upaya menekan jumlah penduduk desa untuk berurbanisasi ke wilayah Ibukota Provinsi Kalbar.

Jangan sampai jumlah urbanisasi Kalbar ini menumpuk di kota yang tingkat penganggurannya sudah jelas, dimana angka pengangguran di Kota Pontianak lebih dari 8 persen sedangkan di Kabupaten lebih rendah dibandingkan Ibu kota Provinsi Kalbar seperti Kabupaten Kapuas Hulu hanya 2 persen. 

"Itu artinya potensi lapangan pekerjaan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten lebih baik dibandingkan ibu kota provinsi, dimana banyak hal yang bisa di kerjakan dan dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat demi terwujudnya kehidupan masyarakat yang layak melalui desa," paparnya.

Oleh karenanya, Pemerintah Provinsi Kalbar tetap fokus dalam peningkatan pembangunan di desa untuk mewujudkan Kalimantan Barat yang sejahtera.

Ia juga menekankan kepada para Bupati Walikota untuk terus berinovasi dan terus mengoptimalkan peluang yang ada di desanya masing-masing dengan dukungan oleh Pemerintah.

Iapun mengajsk bersama bersinergi dalam melaksanakan pembangunan. Ia berharap dapat melihat peluang besar yang ada di desa di kabupaten masing-masing, untuk membuat suatu usaha, sekalipun hal tersebut memang membutuhkan waktu untuk mencapai hasil yang maksimal.

"Karena hampir semua pengusaha di Indonesia itu merintis usahanya dari kecil hingga menjadi besar. Tapi semua itu harus dengan niat, semangat, dukungan Pemerintah dan dukungan orang terdekat serta berkompetisi dengan jujur dan disiplin," tutupnya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar