Diskominfo Sanggau Catat 33 Desa Belum Tersentuh Jaringan Internet

27 Desember 2022 21:28 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com - Dinas Komunikasi dan Informatika atau Diskominfo Sanggau mencatat sebanyak 33 desa di Kabupaten Sanggau belum tersentuh jaringan internet.

Bahkan di 33 desa itu, disebutkan Diskominfo Sanggau belum memiliki infrastruktur Base Transceiver Station atau BTS untuk menangkap jaringan internet.

Untuk diketahui, BTS adalah suatu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator.

Baca Juga: Bupati Sambas Satono Lantik 146 Pejabat Fungsional, Minta Bekerja Penuh Tanggung Jawab

"Kalau data dari Kemenkominfo untuk Kabupaten Sanggau sudah mencapai 80 persen 4G. Artinya, 130 desa sudah terbuka, tinggal 33 desa yang belum," kata Kepala Dinas Kominfo Sanggau, Joni Irwanto, Selasa (27/12/2022).

Untuk menutupi kekurangan itu, Joni Irwanto menegaskan, Pemerintah Kabupaten Sanggau sudah mengusulkan semua desa yang belum tersentuh jaringan internet kepada Pemerintah Pusat.

Baca Juga: Selama 2022, KPK Tetapkan 149 Tersangka Kasus Korupsi

"Karena inikan kewenangan pusat tentang pemenuhan keterbukaan sinyal kami masih menunggu target dari Kemenkominfo, mudah-mudahan bisa 100 persen," harap Joni.

Joni memastikan bahwa tidak ada kendala terkait prioritas penggunaan dana APBN karena menjelang Pemilu.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta akan Kerahkan 3.180 Petugas Kebersihan di Malam Tahun Baru

Ia pun menyebut, ada solusi bagi desa yang belum ada jaringan internet. Yaitu, desa bisa belanja telekomunikasi dengan membeli jalan menara mini atau penguat sinyal.

“Sehingga untuk sementara bisa mengatasi ketiadaan jaringan, tapi tentu kapasitasnya pasti kecil. Karena dalam aturan penggunaan APBDes dimungkin untuk belanja telekomunikasi," pungkasnya.***

Tags :

Leave a comment