Kiprah Joao Felix Untuk Portugal Bantai Swiss di Piala Dunia 2022 Qatar: Maroko Menunggu di Perempat Final

7 Desember 2022 16:17 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Kemenangan gemilang Portugal atas Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar tidak bisa lepas dari peran Joao Felix. Pemain berusia 23 tahun tersebut berhasil membantu kawan sejawat membobol gawang musuh dua kali.

Swiss akhirnya harus angkat kaki dari lapangan Piala Dunia 2022 Qatar. Tim berjuluk Nati ini pun keluar dari arena pertandingan dengan tertunduk lesu. Lewat dua assist yang diberikan oleh Joao Felix, Portugal berhasil cetak gol. Mereka pun semakin unggul.

Bukan hanya penonton saja yang dibuat shock, para pakar prediksi juga tidak percaya akan skor akhir yang diperoleh oleh Portugal 6-1 Swiss pada babak 16 besar. Terutama upaya kerja sama Joao Felix Cs di menit-menit awal ketika merebut tiket final Piala Dunia Qatar 2022.

Baca Juga: Maroko Tersenyum Lebar Usai Kalahkan Spanyol di Piala Dunia 2022: Dari Sujud Syukur Sampai Kesalahan La Roja

Joalo Felix berhasil membantu Goncalo Ramos memborong dua gol dari gawang Swiss. Meski demikian, pada menit ke-73 penyerang klub Atletico Madrid itu pun harus digantikan oleh Cristiano Ronaldo.

Rupanya dua assist yang dituangkan oleh Joao Felix menandai kesusuksesan namanya di pertandingan fase gugur pertama. Perhatian publik pun mengikuti sepak terjangnya ketika membela Portugal melawan Swiss.

Pemain muda ini pun disorot berbagai media di samping nama-nama Goncalo Ramos (17', 51', 67'), Pepe (33'), Raphael Guerreiro (55'), dan Rafael Leao (90+1') yang berhasil raih skor untuk Portugal. Meski tidak pernah mngantongi gol, Joao Felix tetap menerangi dunia sepak bola.

Pada babak pertama yang berlangsung, Portugal langsung gercap membawa bola menuju pertahanan timnas Swiss. Pertarungan sengit di atas lapangan tak terhindarkan, hampir saja tim berjuluk Nati kebobolan.

Keajaiban pun terjadi, di menit ke-17 kebuntuan tim berjuluk Os Navigadores akhirnya terjawab. Bola langsung terpental berkat usaha Joao Felix, melihat si bundar bergerak Goncalo Ramos langsung menyambar dan gol. Skor pembuka di kantongi oleh Portugal.

Kontribusi Joao Felix rupanya terjadi kembali di babak kedua. Pria berusia 23 tahun ini pun melakukan asisst untuk kawan setimnasnya, Goncalo Ramos. Kerja sama itu menambahkan keunggulan telak bagi Portugal 5-1 Swiss di menit ke-67.

Bantuan besar yang berasal dari Joao Felix rupanya membuat namanya mentereng. Dia berhasil menempati urutan ketiga, dari sederet list yang berhasil membuat dua assist untuk Portugal dalam satu kali pertandingan.

Posisi pertama ditempato oleh Jose Torres, kejadian tersebut berlangsung pada Piala Dunia 1966 saat Portugal melawan Brasil. Urutan kedua diisi oleh Bruno Fernandes, saat Os Navigadores melawan Ghana pada Piala Dunia 2022 Qatar dia melakukan hal serupa untuk timnasnya.

Akan tetapi, kedua nama diatas melakukan dua kali assist pada fase grup saja. Baik Bruno Fernandes ataupun Jose Torres, melakukan 2 asisst ketika membela Portugal untuk merebut tiket 16 besar.

Beda halnya dengan Joao Felix yang menempati posisi ketiga, gelandang Atletico Madrid melakukan dua assist di fase gugur. Berkat skill yang dimilikinya, Portugal sekarang merasa tenang melesat ke babak perempat final nanti.

Selanjutnya, tim Os Navigadores harus bersiap diri timnas berjuluk Singat Atlas. Ya, siapa lagi kalau bukan Maroko yang berhasil melaju ke perempat final. Negara terakhir ini pun juga memiliki jejak gemilang di Piala Dunia 2022 Qatar.

Maroko berhasil memulangkan timnas Spanyol pada babak 16 besar. Pertandingan sengit itu berakhir seimbang sampai babak kedua selesai, keduanya tidak mampu mencetak skor.

Baca Juga: DOWNLOAD dan NONTON Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute Episode 10 Sub Indonesia, Unduh Gratis dan Aman!

Kedudukan seimbang ini segera berakhir ketika babak penalti dimulai. Kiper La Roja tidak mampu menepis tendangan anak didik Walid Regragui, skor 3-0 dibawa pulang oleh Maroko dengan hati senang.

Pertandingan perempat final antara Spanyol vs Maroko akan dijadwalkan pada 10 Desmber 2022 mendatang, laga ini akan bertempat di Al Thumama Stadium. Juara dari partai tersebut akan menghadapi Prancis atau Inggris pada fase final nanti. ***

Tags :

Leave a comment