Reses di Desa Matang Segantar, Dewan Kalbar Tony: Warga Masih Keluhkan Kelangkaan Pupuk Subsidi

3 Maret 2024 09:28 WIB
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kalbar Dapil Sambas, Tony Kurniadi melaksanakan reses di Desa Matang Segantar, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, Minggu (12/2/2023).

Legislator Partai Amanat Nasional atau PAN ini menerima sejumlah aspirasi masyarakat yang mengeluhkan kelangkaan pupuk hingga normalisasi Sungai.

Kepala Desa Matang Segantar, Jasmani mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPRD Kalbar, Tony Kurniadi yang sudah mengawal berbagai program masyarakat ke pemerintah pusat dan daerah.

Alhasil, sejumlah program untuk masyarakat Desa Matang Segantar sudah terealisasi.

"Tapi, kita berharap, Pak Tony terus memberikan perhatian dalam bentuk program-program yang lain," terangnya.

Anggota DPRD Sambas, Fraksi PAN, Nandes yang turut hadir dalam reses tersebut berharap, masyarakat benar-benar memanfaatkan momen reses ini untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi terkait pembangunan.

"Karena aspirasi yang masuk ini menjadi modal untuk dibawa dan diperjuangkan ke pemerintah,"terangnya.

Ketua BPD Desa Matang Segantar, Rusmin berharap, Tony dapat menjembatani aspirasi petani. Rusmin ingin pemerintah memberi perhatian pada sektor pertanian. Sebab, Sambas potensi unggulannya sektor pertanian.

Di Matang Segantar sendiri, luas lahan pertanian di desanya lebih kurang 400 hektar. Namun, masyarakat tak berdaya dengan mahalnya biaya operasional.

"Modal dan hasil tidak seimbang," terangnya.

Penyebab utamanya kata Rusmin, karena pupuk subsidi yang sulit di dapat. Pemerintah tak kunjung menyelesaikan persoalan ini.

Akhirnya, mau tidak mau petani harus membeli pupuk yang non subsidi yang harganya sangat mahal.

"Harapan saya semoga pemerintah memberikan solusi terbaik dan mengambil langkah cepat dalam mengatasi kelangkaan pupuk subsidi," terangnya.

Sementara itu, LPM Matang Segantar, Bahraini berharap pemerintah memberikan bantuan normalisasi sungai dan parit-parit besar yang ada di desanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kalbar, Tony Kurniadi memastikan akan mengawal aspirasi masyarakat Matang Segantar.  Keluhan petani terkait pupuk, dan normalisasi Sungai akan disampaikan kepada Dinas terkait.

"Kita harapkan ada solusi atas persoalan yang dihadapi petani saat ini, agar produktivitas pertanian kita tak terganggu dengan persoalan kelangkaan pupuk dan mahalnya biaya obat-obatan," pungkasnya. (Andi)

Leave a comment