Resep Gyoza Ayam Enak dan Lembut: Tak Perlu ke Restoran Jepang, Cukup Lihat Di Sini!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Salah satu kuliner Asi yang terkenal adalah Gyoza. Nah, kali ini mimin akan membagikan resep Gyoza kali ini.

Gyoza bisa dikatagerikan sebagai camilan yang bisa kamu sajikan untuk hidangan ringan. Pastnya ini cocok untuk acara kumpul keluarga dan teman-teman bukan?

Tak sulit membuat Gyoza ini, meskipun perlu teknik untuk mmebuatnya lebih sempurna lagi, tak sabaran bukan?

Bagi kalian yang belum tahu apa itu Gyoza. Gyoza adalah makanan ringan yang bisa kalian temukan di kedai ramen atau di restoran berkonsep masakan Jepang.

Tak hanya populer di Jepang lho, ternyata Gyoza juga bisa ditemukan di Cina. Namanya jiaozi. Nah, kalau di Indonesia bisa disebut kuotie.

Nah, karena Gyoza ini makanan Asia, jadi tak heran banyak penggemarnya. Namun, dalam membuat Gyoza ada beberapa tips wajib tahu supaya hasilnya matang merata, lembut dan juicy.

Bahan
1 Porsi

25 lembar kulit dimsum atau kulit gyoza
100 ml air Minyak, untuk memasak gyoza

Isi gyoza:

250 g daging ayam giling
3 sdm sawi putih cincang
4 buah jamur hioko, cincang
10 batang kucai, iris
3 siung bawang putih, cincang halus
2 cm jahe, parut
3 sdm air panas
1 sdm minyak wijen
1 sdm Royco Saus Tiram
½ sdt garam
½ sdt merica bubuk

Saus gyoza, aduk rata:

4 sdm air
2 sdm cuka beras
1 sdm Bango Kecap Manis Light
½ sdt garam

Cara membuat

Isi gyoza: Aduk rata jahe bersama air panas. Sisihkan. Masukkan Masukkan fillet paha sisa semua bahan isi termasu Royco Saus Tiram ke dalam mangkuk, aduk rata. Saring air jahe dan masukkan ke dalam mangkuk isi daging. Aduk rata.

Siapkan selembar kulit gyoza, letakkan 1/2 sdm isi gyoza ke bagian tengahnya. Lipat dan pilin bagian pinggirnya membentuk seperti kipas.
Olesi pinggirannya dengan air untuk membantunya lebih mudah merekat. Ulangi proses serupa pada sisa bahan hingga habis. Sisihkan.

Siapkan wajan datar antilengket, masukkan 2-3 sdm 4 sdm minyak. Panaskan, lalu tata sebagian gyoza dalam wajan. Masak hingga gyoza setengah matang.

Balikkan gyoza. Lalu masukkan 3 sdm air ke dasar wajan. Tutup wajan. Masak hingga matang. Angkat. Ulangi proses serupa pada sisa bahan hingga matang.

Lalu, sajikan gyoza bersama sausnya.

Nah, tips bagi yang ingin membuat gyoza lebih sempurna, ada yang harus kamu perhatikan seperti dikutip dalam masakapahariini.com.

Supaya lebih mudah dibentuk, gunakan bantuan cetakan pastel. Selain lebih mudah, proses memasak juga jadi lebih cepat.

Gunakan wajan antilengket supaya mempermudah proses membalikkan camilan ini. Sendokkan air di dasar wajan supaya tidak mengenai lapisan kulit yang sudah garing.

Sesudah dibalikkan, tutup wajan untuk membuat gyoza matang merata.
Selain resep gyoza ayam dengan jamur dan kucai ini, coba juga inspirasi a la Jepang lainnya seperti chicken karage, kakiage, beef yakiniku, dan beef katsu.

Selamat mencova. (wati)***

Leave a comment