Bahan Nabati Recommended bagi Penderita Penyakit Diabetes: Dari Tomat hingga Ape

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Makanan adalah momok bagi penderita diabetes. Salah pilih, penyakit bisa mengulah, itulah sebab butuh pengatahuan soal bahan makanan yang tepat, contohnya nabati.

Bahan nabati adalah buah, sayur, kacang-kacangan, umbi-umbian, dan sebagainya. Intinya, bahan makanan ini memang sangat recommended bagi penderita diabetes.

Dikatakan recommended karena bahan makanan nabati dianggap sangat sehat dan cenderung lebih aman hingga cocok bagi penderita diabetes.

Melansir mitrakeluarga.com, Jumat (17/11/2023), salah satu cara mencegah naiknya kadar gula darah bagi para penderita diabetes adalah dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

Artinya, penderita diabetes wajib untuk membatasi asupan makanan atau minuman tinggi gula, tinggi lemak, dan tinggi natrium.

Nah, berikut makanan dari bahan nabati yang aman dikonsumsi dan direkomendasi oleh dokter serta ahli gizi.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau sangat terkenal memiliki banyak khasiat dengan kandungan protein, vitamin, mineral, serat yang tinggi. Pastinya, tetap rendah kalori dan rendah karbohidrat yang aman bagi penderita diabetes.

Contoh sayuran hijau yang drekomendasikan aman untuk dikonsumsi seperti bayam, kangkung, dan sebagainya yang dapat disajikan dalam bentuk salad, sup, jus, atau sedikit ditumis.

  1. Brokoli

Salah satu sayuran hijau yang sangat direkomendasikan dalam berbagai menu diet adalah brokoli. Brokoli kaya akan serat, vitamin C, dan potasium.

Supaya tidak terasa hambar, Anda dapat mengolahnya dengan cara dipanggang bersama minyak zaitun dan diberi sedikit bumbu.

  1. Kembang kol

Kembang kol dapat dimodifikasi sebagai pengganti nasi. Anda hanya mencincang kecil kembang kol, kemudian ditumis dengan sedikit bumbu agar gurih.

Kembang kol mengandung indeks glikemik yang rendah, sehingga aman untuk kadar gula darah.

  1. Seledri

Satu cangkir seledri yang dicincang mengandung 3 gram karbohidrat dan 1,6 gram serat. Seledri menjadi sayuran yang cocok untuk penderita diabetes.

Seledri dapat dimodifikasikan ke hidangan sayur lainnya, seperti sup dan salad.

  1. Zucchini

Zucchini, sayuran yang tinggi antioksidan dan serat, magnesium, dan vitamin B kompleks ini sangat berguna bagi penderita diabetes. Kandungan gizi baik dalam zucchini tentunya berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan untuk diabetes terbaik yang bisa disajikan dalam makanan utama, bahkan cemilan santai yang menyehatkan. Pasalnya, kacang-kacangan mengandung lemak sehat yang aman.

Jenis kacang yang bisa Anda pilih adalah almond, kacang mete, pistachio, hazelnut, walnut, atau kacang tanah yang diolah tanpa bumbu.

  1. Kacang polong

Kacang polong, si bulat berwarna hijau ini mengandung karbohidrat baik sekaligus tinggi protein. Dibanding gandum, secangkir kacang polong lebih efektif menurunkan gula darah menjadi lebih baik.

  1. Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian yang umumnya digunakan sebagai pengganti nasi. Banyak orang menganggap quinoa adalah sejenis gandum utuh yang tinggi protein, dan manfaatnya menurunkan kadar gula darah.

  1. Bawang putih

Dikenal sebagai pemberi rasa pada hidangan sayuran, bawang putih bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah dan mengontrol diet penderita diabetes tipe 2.

  1. Ubi jalar

Dibanding kentang, ubi jalar mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah. Selain itu, ubi jalar juga padat gizi seperti vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium.

Dengan rasa manis alami, ubi jalar sangat cocok untuk para penderita diabetes sebagai pengganti karbohidrat, yang diolah dengan cara dipanggang, kukus, atau rebus.

  1. Tomat

Mengkonsumsi 200 gram tomat segar setiap hari, manfaat yang dirasakan adalah turunnya tekanan darah dan meningkatnya HDL (lemak baik). Tomat juga sangat bagus untuk diet penderita diabetes karena dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Alpukat

Alpukat bisa menjadi alternatif pengganti karbohidrat dengan gula tinggi dengan lemak yang lebih sehat dan alami. Akan tetapi, perlu memperhatikan jumlah asupannya karena kalorinya yang tinggi.

  1. Apel

Apel menjadi buah yang ramah bagi penderita diabetes karena kulitnya yang kaya serat. Nah, makanan dengan banyak serat mampu menunda lonjakan kadar gula darah.

Demikian soal bahan makanan nabati bagi penderita diabetes yang direkomendasikan oleh dokter dan ahli gizi. Smoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment