Kasihan Muka Anda, Jangan Ganti Sabun Wajah dengan Sabun Mandi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Mencuci muka dengan sabun mandi mungkin sudah menjadi kebiasaan orang. Seharusya hal itu tidak saah, tapi harus diingat untuk muka idealnya adalah sabun wajah.

Pasalnya, sabun mandi diformulasikan untuk kulit tubuh. Sementara sabun wajah, memang diset untuk kulit muka, jadi gunakanlah sesuai 'kodratnya'.

Selain itu, penggunaan sabun mandi di muka tentu memiliki risiko tersendiri. Efeknya yakni terlalu keras untuk kulit dibandingkan dengan sabun wajah.

Melansir hellosehat.com, Kamis (14/12/2023), cuci muka dengan sabun mandi memang tidak disarankan karena sabun mandi diformulasikan untuk kulit tubuh, bukan wajah.

Kulit wajah lebih sensitif dibandingkan bagian kulit lain di seluruh tubuh. Jadi, sabun mandi akan berefek terlalu keras pada kulit wajah Anda.

Selain itu, sabun mandi biasanya mengandung lebih banyak bahan surfaktan untuk menghilangkan kotoran dengan lebih efektif. Saat digunakan pada wajah, surfaktan bisa merusak lapisan pelindung kulit dan membuat kulit lebih cepat kering.

Kebiasaan cuci muka dengan sabun mandi juga bisa mengganggu keseimbangan nilai keasaman (pH) dan jumlah bakteri pada wajah.

Jika digunakan terus-menerus, sabun mandi justru berisiko menimbulkan jerawat, iritasi, serta peradangan pada wajah Anda.

Jangankan sabun mandi, bahkan gonta-ganti produk sabun wajah pun bisa berakibat buruk, bisa memicu iritasi dan jerawat. Apalagi jika produk pengganti yang digunakan memiliki kandungan yang sangat berbeda dengan produk sebelumnya.

Mengganti sabun wajah terlalu sering juga tidak disarankan hanya karena Anda tidak puas dengan produk tersebut. Kebiasaan ini malah dapat memperlambat hasil produk pengganti yang Anda gunakan.

Bagaimanapun, Anda tidak bisa mendapatkan hasil terbaik dari sabun secara instan, terutama bagi kulit wajah yang berjerawat. Rata-rata, produk pembersih wajah butuh waktu 3–4 bulan hingga betul-betul mengatasi masalah kulit Anda.

Apabila produk yang Anda gunakan tidak menunjukan hasil, berilah waktu paling tidak selama 6–8 minggu sambil tetap menggunakannya secara rutin.

Sebagai informasi, sabun wajah merupakan produk yang tak boleh terlewatkan dalam rutinitas skin care harian. Produk ini tidak hanya membersihkan kulit wajah, tapi juga melembapkan kulit dan memberikan sejumlah manfaat lain tergantung kandungannya.

Pun terdapat banyak sekali produk pembersih wajah di pasaran dengan kandungan dan keunggulan yang berbeda-beda.

Dan, setiap produk diformulasikan untuk jenis kulit tertentu sehingga efeknya pun bisa beragam. Sabun yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan wajah Anda akan memberikan hasil yang baik.

Sementara jenis kuit pada wajah adalah kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, dan kulit sensitif. Sabun wajah pun dibedakan untuk pira dan wanita.

Demikian soal merawat muka, misalnya cuci muka, yang idealnya memakai sabun wajah dan bukan sabun mandi. (Adelina). ***

Leave a comment