Sejarah Kaloci Pontianak: Mirip Mochi Jepang yang Kental Cerita di Masa Perang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Tahukah kalian bahwa kaloci Pontianak punya cerita dan sejarah ternyata. Ini pun ada hubungannya dengan negara Sakura.

Nah, kenapa ada hubungannya dengan Jepang karena kaloci hampir sama dengan Mochi Jepang. Kita tahu Mochi sangat identik dengan kuliner Jepang yang legendaris.

Tahukan kamu Mochi berasal dari zaman perang di Jepang, di mana para samurai membawa Mochi sebagai makanan praktis yang meningkatkan stamina mereka di medan perang. Di Indonesia, Mochi diperkenalkan selama masa penjajahan Jepang saat Jepang masuk ke Indonesia.

Sejarahnya, Mochi dalam tradisi Jepang kuno adalah sebagai persembahan dalam upacara keagamaan. Selama periode Heian (794-1185), berbagai jenis kue beras digunakan sebagai persembahan kekaisaran.

Sama dengan Mochi, kaloci Pontianak mewarisi jejak Mochi ini dengan ciri khasnya sendiri. Adaptasi ini membentuk sebuah kue yang khas dengan rasa yang sangat nikmat dan menarik untuk dijadikan camilan sehari-hari.

Pembuatan kaloci juga terbilang cukup mudah, bagi anda yang berminat untuk membuat jajanan khas Pontianak ini, berikut resep dan cara pembuatannya:

Bahan-bahan

Resep Adonan:

200 gr tepung ketan putih

Berikut resep kolaci Pontianak yang dikutip dari endeustv sebagai berikut:

Bahan

4 porsi

250 g tepung beras ketan
3 sdm minyak goreng
1 sdm gula pasir
¼ sdt garam
300 ml air
Taburan, Blender Hingga Halus:
100 g kacang tanah kupas, sangrai
3 sdm gula pasir

Cara Membuat

30 menit
Dalam wadah, campur tepung beras ketan, minyak goreng, gula pasir, garam dan air hingga rata.

Tuang adonan ke dalam loyang persegi 18 cm yang dialasi plastik tahan panas dan diolesi sedikit minyak. Ratakan adonan sambil sedikit ditekan-tekan.

Bungkus tutup dandang dengan serbet. Kukus adonan dalam dandang panas hingga matang (20 - 25 menit). Keluarkan loyang, biarkan hingga hangat.

Potong-potong Kaloci sesuai selera, segera gulingkan ke dalam taburan kacang hingga rata. Sajikan.

TIPS:

Taruh beberapa lembar daun pandan di dalam air dalam dandang, untuk memberi aroma harum yang lezat pada kue. (REDAKSI)

Leave a comment