Ini Empat Tokoh Berpeluang Calon Gubernur Kalbar, Sosok Wakil Baru Muncul Tiga Nama

1 Mei 2024 15:28 WIB
Ilustrasi - Calon kepala daerah. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Empat tokoh Kalimantan Barat, berpeluang diusung menjadi calon kepala daerah di Pilgub Kalbar 2024.

Mereka adalah Gubernur Kalbar periode 2018-2023, Sutarmidji, Wakil Gubernur Kalbar periode 2018-2023, Ria Norsan, Bupati Kubu Raya, 2019-2024, Muda Mahendrawan, serta Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, yang juga Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus. 

Keempat tokoh ini diketahui telah mendaftar ke sejumlah partai politik. Tak terkecuali partai pemenang, pemilik 13 kursi DPRD Kalbar saat ini, PDI Perjuangan. 

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan, Martinus Sudarno memastikan, nama-nama tersebut telah mendaftar sebagai Calon Gubernur Kalbar, ke partai besutan Megawati Soekarnoputri. 

"Sudah empat tokoh yang mendaftar. Di luar kader PDI Perjuangan ada tiga nama Calon Gubernur, yakni Bapak Sutarmidji, Muda Mahendrawan, dan Ria Norsan," kata Martinus Sudarno, Rabu (1/5/2024).

Sementara kader internal PDI Perjuangan yang turut mendaftar adalah Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Lasarus yang juga mendaftar Calon Gubernur.  

Lasarus sendiri merupakan kader internal PDI Perjuangan yang dimandatkan dalam Rapat Kerja Daerah atau Rakerda PDI Perjuangan. 

"Pada Rakerda beberapa waktu lalu, kader satu suara menunjuk beliau maju sebagai Calon Gubernur. Apakah beliau bersedia maju atau tidak, saya tidak tahu. Yang jelas, beliau juga salah satu kandidat yang mendaftar ke PDI Perjuangan," katanya. 

"Dari empat kandidat, mereka mendaftar tanpa pasangan," lanjut Sudarno.

PDI Perjuangan juga menerima pendaftaran bakal calon wakil gubernur, bernama Mochamad Desky. Dia merupakan Tenaga kesehatan Universitas Tanjungpura asal Kabupaten Sambas. 

Martinus memastikan, DPD PDI Perjuangan Kalbar hanya berwenang menerima dan melakukan ferivikasi persyaratan bakal calon lengkap atau tidak. 

"Kalau lengkap kita serahkan kepada DPP, selanjutnya akan ada survei, dari sana akan ada gambaran, kita tidak tahu siapa berpasangan dengan siapa," katanya. 

Tak hanya di PDI Perjuangan, keempat tokoh ini, juga diketahui telah mendaftar ke Golkar, Demokrat beberapa waktu lalu. Bahkan, terbaru mereka juga merebutkan tiket PAN yang memiliki lima kursi DPRD. 

Sekretaris DPW PAN Kalbar, Zulfydar Zaidar Mochtar mengatakan, keempat kandidat calon Gubernur, yakni Sutarmidji, Muda Mahendrawan, Ria Norsan dan Lasarus sudah mengambil berkas pendaftaran ke PAN Kalbar sejak 22-25 April lalu. 

Begitu juga sosok bakal calon wakil gubernur. Sampai saat ini, ada tiga nama calon wakil gubernur kalbar yang mendaftar ke PAN. 

Mereka adalah mantan Ketua DAD, Jaksius Sinyor, Mantan Danrem 121/Abw, Mayjen Purn Ronny, dan seorang notaris bernama Budi Prasetiono. 

Selain PAN, nama Jaksius dan Mantan Danrem 121/Abw ini diketahui juga mendaftar ke Golkar beberapa waktu lalu. 

Zulfydar mengatakan, PAN sendiri punya mekanisme dalam penjaringan bakal calon kepala daerah. 

Setelah membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah,tim penjaringan PAN Kalbar menggelar wawancara dengan calon kepala daerah tersebut, untuk mengetahui visi dan misi calon. 

"Wawancara kandidat sudah dilakukan kemarin, untuk Wakil Gubernur ada Pak Brigjen Purnawirawan Rony, Jaksius Sinyor, dan Budi Prasetiono," terangnya. 

Sementara untuk calon gubernur bakal dilakukan besok. Kandidat pertama yang bakal interview adalah, Sutarmidji yang digelar pagi hari. 

"Siang hari, sesuai jadwal pak Muda Mahendrawan," sambungnya. 

Sementara di hari Jumat dan Sabtu, tim menjadwalkan melakukan interview kepada Lasarus, dan Ria Norsan. (Andi)***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment