Pj Gubernur Kalbar Ingatkan Perusahaan dalam Perlindungan Pekerja Perempuan Perkebunan Kelapa Sawit

29 Agustus 2024 05:50 WIB
Pj Gubernur Kalbar Harisson

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dengan memastikan hak-hak pekerja terpenuhi, tidak hanya menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Hal itu dilakukan dalam rangka mencapai visi Indonesia Emas 2045, perhatian terhadap kesejahteraan pekerja, khususnya perempuan, menjadi sangat penting. 

Keterlibatan perempuan pada industri perkebunan kelapa sawit sebagai salah satu bagian penting dalam proses di sektor hulu maupun hilir. 

"Namun masih terdapat isu-isu negatif terkait dengan hak-hak pekerja perempuan dan dianggap merugikan pekerja perempuan," ungkap Pj Gubernur Kalbar Harisson saat membuka secara langsung Sosialisasi dan Workshop Perlindungan Pekerja Perempuan Perkebunan Kelapa Sawit Kalimantan Barat di Hotel Golden Tulip Pontianak.

Berkaitan dengan hal tersebut, dipandang perlu untuk duduk bersama dalam menjaga dan melindungi hak para pekerja perempuan khususnya di bidang perkebunan sawit.

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Kalbar Kalbar Harisson mengungkapkan bahwa sekitar 85 persen pekerja wanita perkebunan kelapa sawit merupakan  buruh dan sisanya merupakan pekerja administrasi atau perkantoran.

"Hal seperti ini harus diperhatikan hak-haknya oleh perusahaan kelapa sawit seperti kesehatan, kesejahteraannya. Jangan sampai kita menyamakan tenaga kerja yang pria dan wanita, karena secara fisik atau energi sudah berbeda," jelasnya.

Harisson menegaskan akan selalu memantau melalui Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar terhadap perusahaan dalam melindungi pekerja perempuan.

"Saya akan terus memantau bagaimana pelaksanaan perlindungan tenaga kerja wanita di perkebunan kelapa sawit dan secara umum/semua industri juga akan kita perhatikan pemenuhan hak-hak tenaga kerja wanita," tegasnya.

Terkait menuju Indonesia Emas 2045, Pj. Gubernur menekankan pentingnya Perusahaan Sawit turut berperan aktif dalam penurunan angka stunting di Kalbar.

"Tolong, saya minta stunting diperhatikan, perusahaan perhatikan anak karyawan anda, karena stunting di Kalbar masih relatif tinggi. Ayo sama-sama kita pintarkan anak-anak Kalbar menuju 2045," ajak Pj Gubernur sembari menutup sambutannya.

Kegiatan ihadiri Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) Pusat dan GAPKI Kalbar serta Kepala Perangkat Daerah Kalbar terkait serta Forum/Organisasi Pekerja Wanita Kalbar. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar