Pemkab Ketapang Anggarkan 19,5 Miliar untuk Perbaikan Jalan Pelang-Kepuluk-Batu Tajam

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Ketapang menganggarkan Rp19,5 miliar untuk perbaikan Jalan Pelang-Kepuluk-Batu Tajam. Anggaran itu bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2024.

Sebagaimana diketahui, ruas jalan itu rusak parah. Masyarakat mendesak pemerintah agar segera memperbaikinya. Sebab, menjadi akses utama penggerak perekonomian.

Sekda Ketapang, Alexander Wilyo pun bergerak cepat merespons aspirasi masyarakat. Ia memimpin langsung rapat koordinasi membahas solusi cepat pembangunan jalan itu pada, Selasa (27/02/2024).

Hasil rakor itu pun menyepakati, Pemkab Ketapang siap mengucurkan anggaran sebanyak Rp19,5 miliar, memperbaiki ruas jalan Pelang-Kepuluk-Batu Tajam sepanjang 3,3 kilometer.

“Saat ini proses lelang pekerjaan masih berjalan,” kata Alexander Wilyo.

Anggaran tersebut memang belum dapat mengakomodir perbaikan jalan seluruhnya. Sebab, panjang jalan Pelang-Kepuluk-Batu Tajam yang rusak mencapai 11,6 kilometer, dengan estimasi biaya yang dibutuhkan mencapai Rp37,5 miliar.

Karena itu, perbaikan jalan tersebut akan dilakukan bertahap, dan nantinya juga dibiayai bersama oleh Pemrov Kalbar.

"Untuk ruas jalan Tumbang Titi – Tanjung kewenangannya berada di tingkat Provinsi, dan mungkin masih dalam proses lelang. Pemda Ketapang pun akan mengirim surat kepada Gubernur terkait kondisi titik-titik jalan yang mengalami kerusakan di sepanjang ruas jalan tersebut," ucapnya.

Sambil menunggu perbaikan jalan dilakukan, Alexander Wilyo mengajak semua pihak berkolaborasi, bersinergi, dan bergotong-royong dalam penanganan ruas jalan tersebut supaya bisa sedikit mempermudah masyarakat melewatinya.

“Secara teknis saya telah menunjuk Camat MHS, Camat Sungai Melayu, Camat Tumbang Titi, Camat Jelai Hulu sebagai koordinator lapangan,” katanya.

“Selanjutnya, mereka akan mengadakan rapat teknis di lapangan, kemudian langsung mulai action melakukan perbaikan di titik-titik yang mengalami kerusakan,” lanjutnya.***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment