Polres Ketapang Gelar Apel Pasukan Operasi Patuh Kapuas 2024

15 Juli 2024 15:05 WIB
Wakapolres Ketapang, Kompol Frits Orlando Siagian memimpin langsung apel gelar pasukan Operasi Patuh Kapuas 2024

KETAPANG, insidepontianak.com - Polres Ketapang secara resmi memulai Operasi Patuh Kapuas 2024 dengan ditandai apel gelar pasukan di halaman Mapolres Ketapang, Senin (15/07/2024) pagi.

Operasi Patuh Kapuas dimulai dari tanggal 15 juli sampai 29 juli 2024 atau selama 14 hari. Operasi ini digelar dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas, serta mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas khususnya di wilayah hukum Polres Ketapang.

Wakapolres Ketapang, Kompol Frits Orlando Siagian, memimpin langsung apel gelar pasukan yang dihadiri oleh seluruh jajaran Polres Ketapang, Satuan Lalu Lintas, serta instansi terkait lainnya. 

Dalam amanatnya, Kompol Frits Orlando Siagian menekankan pentingnya Operasi Patuh Kapuas 2024 sebagai upaya untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. 

"Operasi ini adalah bagian dari upaya Polri untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Kami berharap, melalui operasi ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama," ujar Kompol Frits Orlando Siagian, Senin (15/07/2024) Pukul 08.00 wib.

Operasi Patuh Kapuas 2024 ini menyasar penertiban perlengkapan standar berkendara, penggunaan Helm standar SNI,  melawan arus, melebihi batas kecepatan, berboncengan lebih dari satu orang, pengguna kendaraan di bawah umur serta menggunakan ponsel saat berkendara.

 " Kami akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas, tentunya harapan kita bersama dengan adanya operasi ini, kesadaran warga pengguna jalan terhadap pentingnya keselamatan di jalan raya semakin meningkat " tegas Kompol Frits Orlando Siagian.

Setelah pelaksanaan apel gelar pasukan, Kasat Lantas Polres Ketapang, AKP Angga Pribadi, S.I.K., LL.M., menyampaikan bahwa dalam Operasi Patuh Kapuas 2024 ini, Polres Ketapang menurunkan 43 personil.

"Polres Ketapang mengerahkan sebanyak 43 personel gabungan Polres Ketapang dalam Operasi Patuh Kapuas 2024 yang dilaksanakan mulai hari ini ” ujar AKP Angga Pribadi.

Apel gelar pasukan ini juga diikuti dengan pengecekan kesiapan personel dan perlengkapan yang akan digunakan selama operasi.

 " Kami memastikan bahwa seluruh personel dan perlengkapan sudah siap untuk mendukung pelaksanaan Operasi Patuh Kapuas 2024. Kami juga akan melibatkan berbagai instansi terkait seperti POM TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP untuk bersama-sama mengawal operasi ini," jelas AKP Angga Pribadi.

Seusai apel gelar pasukan, Polres Ketapang langsung menggelar latihan pra operasi di ruang aula Mapolres Ketapang. Kegiatan ini sebagai bentuk awal pelaksanaan operasi.

 " Kami mengajak seluruh masyarakat untuk lebih disiplin dalam berlalu lintas. Ingatlah bahwa keselamatan di jalan raya adalah tanggung jawab kita bersama," pungkas AKP Angga Pribadi.

Dengan dimulainya Operasi Patuh Kapuas 2024 ini, Polres Ketapang berharap dapat menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas secara signifikan.

Kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas diharapkan akan meningkat, sehingga tercipta lalu lintas di jalan raya yang lebih aman dan tertib. (Fauzi)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

wwwq

Berita Populer

Seputar Kalbar