Menggali Potensi PMI, Kemnaker Gelar Pertemuan dengan Industri Perhotelan Jepang

2 Juli 2024 13:28 WIB
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (tampilan layar) ketika membuka business matching antara pihak industri perhotelan Jepang dengan P3MI, Selasa (2/7/2024).(Antara)

JAKARTA, insidepontianak.com - Untuk menggali potensi bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar business matching atau pertemuan antar-pemangku kepentingan bisnis dengan industri perhotelan Jepang

Menurut keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (2/7/2024) Kemnaker bekerja sama dengan Japan Ryokan and Hotel Associations (ZENRYO-REN) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) memfasilitasi pertemuan antara pihak industri perhotelan Jepang dengan Perusahaan Penempatan PMI (P3MI) mendorong komunikasi mengenai kebutuhan spesifik perusahaan perhotelan.

"Sehingga diharapkan P3MI dapat mengisi kebutuhan tersebut dengan supply tenaga kerja yang tepat, sehingga proses job matching antara supply dan demand dapat dicapai," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi ketika membuka kegiatan tersebut lewat sambungan video pada hari ini.

Kemnaker ingin memberikan ruang bagi masyarakat umum untuk dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai peluang kerja di sektor perhotelan di Jepang.

"Kami berharap P3MI dapat memanfaatkan momen ini dengan baik, untuk dapat ditindaklanjuti dengan kerja sama dengan berbagai perusahaan perhotelan Jepang yang hadir," kata Anwar Sanusi.

Anwar Sanusi menambahkan dalam kegiatan tersebut juga dilangsungkan Explor Karir Peluang Kerja Perhotelan Jepang (Ryoakan). Business Matching dan Explor Karir itu diikuti oleh 30 perusahaan perhotelan dari Jepang serta 110 P3MI.

Kegiatan itu bertujuan memfasilitasi sisi suplai yaitu lembaga pelatihan kerja perhotelan, baik diselenggarakan oleh Kemnaker melalui Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) maupun pihak lain seperti Kementerian Pariwisata dan swasta, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan perguruan tinggi dengan jurusan perhotelan. (antara)


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment