Ketua Komisi I DPRD Kalbar Angeline Harap Pemprov Segera Kucurkan Anggaran Pemilu 2024 ke KPU

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua Komisi I DPRD Kalbar, Angeline Femalco mendorong Pemerintah Provinsi Kalbar segera mengucurkan anggaran Pemilu 2024 kepada KPU Kalbar.

Sebab, anggaran Pemilu sangat dibutuhkan KPU segera, mengingat waktu penyelenggaraan Pemilu makin dekat.

Hal ini disampaikan Angeline sat rapat koordinasi sekaligus silaturahmi antara Komisi I DPRD Kalbar dengan KPU Kalbar, Kamis (7/9/2023).

"Rapat kali ini kita sekalian berkenalan dengan Komisioner yang baru dan mengecek kesiapan Pemilu legislatif dan Pilkada Serentak 2024," kata Angeline Femalco.

Angeline bersyukur KPU sudah melakukan persiapan dengan baik. Namun, mereka terkendala dengan anggaran.

"Ini yang jadi kendala dan disampaikan dalam rapat," ujarnya.

Legislator PDIP itu mengatakan, sesuai pengajuan KPU, anggaran yang dibutuhkan untuk Pemilu 2024 berjumlah Rp362 miliar. Namun, belum dianggarkan Pemprov. Anggaran ini baru mau dianggarkan pada tahun 2023-2024.

"Secara umum anggaran Pemilu memang ada sedikit problem. Seharusnya Pemda menganggarkan di dua tahun anggaran. Dicicil. Tapi banyak juga kepala daerah yang tidak menjalankan," katanya.

Rencananya pada tahun ini, Pemprov Kalbar baru menganggarkan 30 persen dari total pengajuan. Lalu dilanjutkan dengan anggaran murni. Tapi nilainya hanya sekitar Rp18 miliar. Kondisi masih jauh jadi dari jumlah yang diusulkan yakni 362 miliar.

"Jadi PR-nya masih lumayan. Ini tanggung jawab bersama. Saya akan sampaikan kepada teman-teman dari badan anggaran, agar ini bisa jadi perhatian karena dana  penyelenggaraan Pemilu ini amanat Undang-Undang," pungkasnya. (andi)***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar