Ini Alasan Lasarus Mundur dari Pencalonan Gubernur, Klaim Norsan-Krisantus Pilihan Tepat

29 Agustus 2024 20:23 WIB
Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Lasarus menyampaikan orasi politiknya di acara deklarasi Ria Norsan-Krisantus sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalbar, Kamis (29/8/2024). (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah).

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Lasarus menjelaskan alasanya tidak maju di Pemilihan Gubernur Kalbar.

Salah satunya, ia diminta partai mengemban tugas penting di DPR RI. Karena itulah, ia nantinya akan memperkuat pemerintahan Ria Norsan-Krisantus ke depan.

"Saya mau sampaikan, mungkin banyak yang bertanya kenapa Pak Lasarus tidak menjadi calon Gubernur. Pertanyaan itu saya jawab hari ini," kata Lasarus di acara deklarasi Norsan-Krisantus, Kamis (29/8/2024).

Lasarus mengaku, banyak asumsi yang muncul karena dia tak maju. Ada yang bilang Lasarus takut. Ia memastikan, persepsi itu tidak benar.

"Kalau Lasarus takut saya tidak berdiri di sini," katanya.

Lasarus mengaku sudah dua tahun mempersiapkan diri menjadi calon Gubernur. Bahkan sudah mendengar aspirasi masyarakat yang menginginkan adanya perubahan kepemimpinan.

"Makanya, ke mana-mana saya sampaikan saya maju. Relawan juga sudah terbentuk," tuturnya.

Namun, baginya, sebagai kader partai dalam pengambilan keputusan semua harus dirapatkan. Ada mekanisme pengambilan keputusan.

Semua dilihat mulai dari rekam jejak dan dilihat kepentingan PDI Perjuangan dalam konteks besar.

"Lalu, saya dipanggil fraksi sebelum mengambil keputusan. Lasarus kamu yakin kamu untuk maju? Kalau kamu di sini dan diberi amanah pimpinan Komisi, tentunya kamu dapat makin memperkuat pembangunan daerah dan kamu mengusung figur lain," ujarnya.

Akhirnya, dia melakukan komunikasi politik dengan semua pihak. Salah satunya Ria Norsan dan Krisantus.

"Saya pikir betul juga, kalau saya maju dan pak Krisantus yang jadi Anggota DPR RI PAW saya dan belum tentu ketua Komisi,” katanya.

Makanya dengan pertimbangan matang dengan mendengar banyak masukan, maka ia sepakat mengusung Ria Norsan dan Krisantus.

Menurutnya keduanya merupakan figur berpengalaman. Ria Norsan merupakan Bupati Mempawah dua periode dan Wakil Gubernur satu periode.

Sementara Krisantus merupakan anggota DPR RI, yang matang di legislatif mulai dari DPRD kabupaten, dan DPRD Provinsi.

"Saya menyakini keduanya mampu memimpin Kalbar lebih baik, dan saya di pusat akan memperkuat, dengan kalaborasi ini maka Kalbar akan maju dan masyarakat akan lebih baik," katanya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar