Remaja Masjid dan Rohis di Kalbar Berikrar Dukung Palestina

28 Oktober 2024 17:41 WIB
Remaja masjid dan rohis dari berbagai daerah di Kalbar yang mengikuti kegiatan Perkampungan Muslim, berikrar mendukung Palestina. Deklarasi itu digelar di Keraton Pontianak, Minggu (27/10/2024). (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ratusan remaja masjid dan rohis dari berbagai daerah di Kalbar yang mengikuti kegiatan Perkampungan Muslim, berikrar mendukung Palestina.

Adapun kegiatan Perkampungan Muslim itu digelar dua hari, di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Sabtu dan Minggu kemarin.

Di hari hari terakhir, para peserta melakukan tour ke beberapa tempat bersejarah di Kota Pontianak. salah satunya Masjid Jami' Keraton Pontianak.

“Di hari terakhir ini, kita juga menegaskan dukungan untuk Palestina, langsung dari Istana Kadriah Kesultanan Pontianak," ungkap Vickry Ramanda, Ketua Umum Remaja Mujahidin yang merupakan pihak penyelenggara.

Pada sesi kepalestinaan, panitia menghadirkan Muhammad Irfan Abdul Aziz selaku pegiat Palestina asal Kalbar yang juga Pengurus Pusat Himpunan Dai Muda Indonesia (HDMI).

"Sebagai remaja masjid, mestinya kita selalu ingat Masjid. Terutama Masjid yang namanya langsung diberikan oleh Allah, yaitu Masjid Al Aqsha. Untuk itulah kita mendukung Palestina, agar Masjid Al Aqsha tetap terjaga," pesannya di hadapan puluhan remaja masjid.

Setelah kajian kepaleatinaan di Masjid Jami', peserta melakukan kunjungan ke Istana Kadriah. Doni Iswara yang menjaga istana pun bercerita bahwa dahulu Kesultanan Pontianak pernah mengirimkan bantuan saat awal Palestina dijajah tahun 1948.

"Saat itu kesultanan masih ada Baitul Maal, itulah yang kita kirimkan untuk membantu saudara di Palestina mempertahankan tanahnya," katanya.

Deklarasi dukung Palestina oleh remaja masjid dan rohis ini diikrarkan di Istana Kadriah, sebagai bentuk mengenang sejarah persaudaraan.

Dipimpin oleh Remaja Mujahidin, segenap remaja masjid dan rohis menyatakan untuk selalu berkomitmen menjadikan masjid-masjid sebagai pusat kepedulian terhadap Palestina.

Selain itu, remaja masjid dan rohis juga mengajak seluruh masyarakat Kalbar khususnya anak muda untuk senantiasa mendoakan Masjid Al Aqsha dan para pembelanya, dengan mengadakan doa bersama untuk Palestina secara rutin maupun menggelar aksi kepedulian dan menggalang dukungan.

"InsyaAllah sepulang dari sini kami akan mempersiapkan kegiatan kepalestinaan untuk kawan-kawan di sekolah kami," ujar Jerri, salah satu pengurus rohis yang ikut dalam kegiatan tersebut.***


Penulis : Abdul Halikurrahman/ril/bis
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar