Suti Karno Pakai Kaki Palsu, Amputasi Kaki Gegara Diabetes: Akhirnya Bisa Berdiri Dua Kaki!

3 Maret 2024 09:28 WIB
Ilustrasi
insidepontianak.com - Suti Karno pakai kaki palsu. Ia harus merelakan satu kakinya diamputasi. Sakit diabetes yang dideritanya sudah parah. Solusi terbaik adalah kehilangan satu kaki dan dia pun harus menggunakan kaki palsu. Kini Suti Karno sudah bisa berdiri dengan dua kaki lagi setelah memakai kaki palsu. Sebelumnya, selama empat bulan, dia hanya memiliki satu kaki setelah diamputasi akibat diabetes. Namun, meski saat ini Suti Karno pakai kaki palsu, ia justru membantah diabetes yang dideritanya akibat keturunan. Pola hidup yang tidak benarlah penyebabnya. Itu makanya, dia ikhlas ketika kakinya diamputasi hingga harus menggunakan kaki palsu. Baca juga : Ternyata, Diabetes Bukan Semata Penyebab Makanan dari Gula Mengutip akun Instagram @sutykarno, Kamis (2/2/2023), Suti Karno mengunggah fotonya saat dipasangkan kaki palsu, tepatnya kaki kanan. Selain itu, dia juga membagikan foto saat dirinya belajar jalan. "Alhamdulillah setelah 4 bulan, aku bisa kembali berdiri dengan kedua kaki ...perjuangan ini masih panjang, penyesuaian, kebersamaan kami masih harus terlatih, terima kasih @kakipalsu_skoliosis_orto_kp, Bismillah," tulisnya dalam caption postingannya. Adik Rano Karno ini tampak semangat. Pun, dia tidak melihat ekspresi sedih. Bukan tanpa alasan, sebab sebelumnya Suti Karno memang mengatakan sudah siap mental ketika kakinya harus diamputasi. "Mental saya gak apa-apa sudah siap mental saya, karena dari awal diamputasi pun saya yang minta yang penting rasa sakit itu sudah tidak ada lagi," kata Suti Karno dalam beberapa acara infotainment. Pemeran karakter Atun dalam 'Si Doel Anak Sekolahan' ini pun menegaskan kalau amputasi adalah keputusannya pribadi. "Soalnya kan memang merambat itu luka saya, karena pembuluh darah saya itu udah rusak yang bagian atas. Saya yang penting masih punya semangat, yang penting Allah masih kasih kesempatan kita untuk berbuat baik," lanjutnya. Ia juga sampaikan penyebab sakit diabetes yang diidapnya bukan karena faktor gen, namun pola makan yang sembarangan. "Karena memang dulu saya kurang minum air putih, dari dulu saya sering minum soft drink, es teh manis," tutur Suti Karno. Tak pelak, dukungan pada Suti Karno untuk bisa menggunakan kaki palsu diberikan oleh rekan artis. Sebut saja artis senior Yessy Gusman, Maudy Koesnadi, bahkan Bunda Corla mampir di kolom komentar. "Semangat ya Suty sayang, terus berkarya dan berdoa," tulis @yessy_gusman "Alhamdulilah, semangat mbak Uty," tulis @maudykoesnaedi.
"Cepat sembuh ya sayang,' tulis @corla_2.
Sebagai informasi, kabar mengenai kondisi kesehatan Suti Karno terungkap sejak dirinya menjalani perawatan di rumah sakit pada September 2022.
Kala itu, Rano Karno dan istrinya, Dewi Indriati, mengunggah foto saat menjenguk sang adik melalui Instagram. Namun, pada saat itu belum ada informasi mengenai penyakit yang dialami Suti Karno. (adelina)

Leave a comment