Wajib Tahu! Ini Doa Sembelih Hewan Kurban

16 Juni 2024 16:11 WIB
Tim survei Panitia Kurban Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Parit Mayor, Pontianak Timur saat mengecek kesehatan hewan kurban berupa sapi sebelum membeli. (Antara/Dedi).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Penyembelihan hewan kurban di momentum hari raya Idul Adha, telah diatur secara syariat. Ada doa-doa khusus yang wajib dibacakan sebelum hewan kurban disembelih.

Mengutip laman NU Online, Wakil Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM PBNU), Ustaz Alhafiz Kurniawan menuliskan doa menyembelih hewan kurban.

Doanya ia kutip dari Irsyadul Anam fi Tarjamati Arkanil Islam karya Sayid Utsman bin Yahya. Doa yang sama juga dapat ditemui di Tausyih ala Ibni Qasim karya Syekh M Nawawi bin Umar Banten. Lafal doanya berikut ini:

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Artinya: Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.

“Doa ini dibaca dengan harapan Allah menerima ibadah kurban kita," kata Ustaz Alhafiz Kurniawan, dikutip pada Minggu (15/6/2024). 

Ustadz Alhafiz dalam artikel yang sama juga menjhelaskan, sebelum membaca doa tersebut terdapat beberapa doa yang mesti dibaca terlebih dahulu bersamaan saat penyembelih mengambil ancang-ancang. Menurutnya, doa ini juga dianjurkan oleh Syekh M Nawawi Banten dalam Tausyih ala Ibni Qasim.

Berikut ini secara berurutan bacaan doa yang dianjurkan:

  1. Membaca bismillah.
  2. Baca shalawat untuk Rasulullah
  3. Baca takbir tiga kali dan tahmid sekali

Inilah doa yang perlu diketahui dalam prosesi penyembelihan hewan kurban, dengan harapan, Allah menerima ibadah kurban yang telah dilaksanakan.***


Penulis : NU Online
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment