Insiden Kecelakaan Balap Motor di Sirkuit MT Haryono Pontianak, Tiga Penonton Jadi Korban

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Tiga orang penonton balap motor, pada event Balapan Motor Seri IV, Kejuaraan Provinsi atau Kejurprov Kalimantan Barat, menjadi korban kecelakaan yang dialami satu pembalap.

Insiden ini terjadi pada Minggu (15/10/2023), saat balapan sedang berlangsung. Ketiga korban adalah Nabil Rayyan Ramadan, Reka Apriyanto dan Andrian Putra Bayannaka.

Mereka langsung dilarikan panitia ke rumah sakit Anton Soejarwo Pontianak untuk mendapatkan perawatan. Sebelumnya, video kecelakaan ini viral.

Video tersebut memperlihatkan seorang penonton terbaring dan kejang-kejang usai dihantam besi pembatas yang tumbang, karena ditabrak salah satu pembalap yang mengalami kecelakaan di sirkuit Sultan Abdulrahman, Jalan MT Haryono, Kecamatan Pontianak Selatan

Ketua Panitia Pelaksana Kejurprov Kalbar Balapan Motor Seri IV, Iwan Kurniawan memastikan, ketiga korban baik-baik saja. Dua korban sudah pulang usai menjalani perawatan di rumah sakit.

"Sementara satu korban, yakni Nabil Rayyan Ramadan masih di rawat," kata Iwan Kurniawan. Senin (16/10/2023).

Iwan mengklaim, jika penyelenggara sudah merancang pengamanan sesuai dengan standar. Sebab, dipinggiran serkuit sudah diberi pembatas ban dan barikade besi yang menjaga jarak antara penoton dan pembalap.

Hanya saja, kata Iwan, karena kondisi sirkuit kecil  ada salah satu pembalap yang mengalami kecelakaan. Motor pembalap itu menghantam ban pembatas, lalu menghantam barikade besi juga mengenai beberapa penonton.

"Seluruh penonton yang menjadi korban kemarin, mendapat asuransi. Karena memang sejak awal, kami panitia sudah mengantisipasi resiko-resiko yang akan terjadi,” pungkasnya. (andi)***

Leave a comment